Fungsi Cat Tembok | Apa saja fungsi cat yang anda ketahui? Cat yang kita ketahui umumnya adalah produk yang bisa mengubah warna suatu bangunan.
Cat atau paint dalam Bahasa Inggris adalah produk yang semua orang sudah tahu fungsinya. Cat sering digunakan pada permukaan tembok, pada genteng, hingga pada berbagai perabot. Hampir semua benda dicat.

Cat dapat meniumbulkan keindahan, banyak yang mengandalkan produk ini untuk mewarnai benda-benda yang mereka miliki.
Namun di luar fungsinya untuk mewarnai, cat sebenarnya memiliki fungsi lain. Bahkan fungsi cat ini sangat vital karena berpengaruh pada usia pakai suatu produk. Fungsi yang dimaksud adalah fungsi perlindungan.

Karena sifat cat untuk melapisi, dan menutup tembok maupun kayu dari paparan yang merusak. Dengan demikian, ketahanan benda-benda milik Anda pun bisa bertahan lebih lama. Berikut ini detil manfaat cat sebagai pemberi perlindungan.

5 Fungsi Cat untuk Melindungi

  • Perlindungan dari Air
fungsi cat

Paparan air pada suatu substrat dapat menyebabkan kerusakan. Air meningkatkan kecepatan proses pelapukan dan memancing organisme pembusuk tumbuh. Anda bisa bandingkan sendiri antara kayu yang tercat dan yang tidak. Kayu yang tercat juga akan lebih tahan dari pembusukan karena lapisan cat melindunginya.

  • Perlindungan dari Jamur dan Organisme lain

Cat adalah bahan kimia. Bahan ini tak begitu disukai organisme perusak seperti jamur dan bakteri tumbuh. Dengan kata lain, mengecat akan mencegah kerusakan yang diakibatkan organisme-organisme tersebut. Meski demikian, seringkali lapisan cat juga disukai jamur tertentu. Untuk mengatasi ini, kadangkala perusahaan cat sampai menambah semacam anti jamur khusus.

  • Perlindungan dari Sinar UV

Sinar UV dapat merusak permukaan halus menjadi kasar. Sinar ini juga bisa menyebabkan pudarnya warna suatu produk. Dengan mengaplikasikan cat, sinar UV tak akan langsung mengenai tembok maupun kayu. Jadi Anda tak perlu membangun tembok baru atau membeli furniture baru yang rusak gara-gara sinar UV. Cukup cat kembali tembok maupun furniture Anda.

  • Perlindungan dari Kerusakan Mekanis

Cat juga akan melindungi dari kerusakan mekanis. Goresan misalnya. Lapisan cat memang akan tergores. Namun ini jauh lebih baik daripada kayu di dalamnya (sebagai rangka inti) yang tergores.

  • Perlindungan dari Debu dan Kotoran

Cat bisa melindungi dari debu dan kotoran. Bahkan beberapa produk cat memiliki kemampuan sangat baik sehingga debu dan noda yang menempel sangat mudah dibersihkan.

  • Perlindungan dari Oksidan

Oksidan (seperti UV) dapat merusak susunan partikel sehingga menyebabkan kerusakan structural maupun estetika. Dengan cat, maka tembok hingga furniture Anda akan terjaga dari paparan zat tersebut.

Itulah mengapa, cat akan tampak kusam seiring berjalannya waktu. Dan ketika cat produk-produk Anda sudah kusam, segeralah lakukan pengecatan ulang.

Call Now Button